Rabu, 18 Januari 2012

Seputar Kuliner Solo

Kota Surakarta (juga disebut Kota Solo atau Sala) adalah nama sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Di Indonesia, Surakarta merupakan kota peringkat kesepuluh terbesar (setelah Yogyakarta). Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Kota ini dulu juga tempat kedudukan dari residen, yang membawahi Karesidenan Surakarta di masa awal kemerdekaan. Posisi ini sekarang dihapuskan dan menjadi "daerah pembantu gubernur". Kota Surakarta memiliki semboyan BERSERI yang merupakan akronim dari Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah. Selain itu Solo juga memiliki slogan pariwisata Solo the Spirit of Java yang diharapkan bisa membangun pandangan kota Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa. Dengan Luas sekitar 44 Km2, Kota Surakarta terletak diantara 110 45` 15″ – 110 45` 35″ Bujur Timur dan 70` 36″ – 70` 56″ Lintang Selatan. Surakarta terletak kira – kira 65 km di sebelah timur laut Yogyakarta dan 100 km di tenggara Semarang. Di sebelah timur dilalui oleh sungai yang bernama Bengawan Solo. Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa dan juga merupakan salah satu judul lagu yang diciptakan oleh Gesang yang sangat terkenal.

Peta Kota Surakarta atau Solo
Ada beberapa pasar yang terkenal sejak dulu di Solo yaitu Pasar Klewer, Pasar Triwindhu, Pasar Legi dan Pasar Gede. Pasar Klewer terkenal dengan pasar kainnya di Indonesia, pasar klewer menjadi pusat kulakan kain dari berbagai kota di pulau Jawa bahkan dari luar Jawa. Pasar Triwindhu terkenal dengan barang – barang antiknya, Pasar Legi atau pasar Klitikan terkenal dengan barang – barang bekas tapi masih bagus.
Solo juga terkenal dengan banyaknya jajanan kuliner tradisional yang lezat. Beberapa makanan khas Surakarta di antaranya:
Ingin tau lebih jauh ??? Silahkan klik pada tulisan yang berwarna biru diatas.
Sebenarnya masih banyak lagi makanan-makanan atau minuman khas yang berasal dari kota Solo (Jawa Tengah). saya menyadari masih banyak kekurangan dalam halaman ini, jadi saya sangat mengharapkan saran sekaligus kritik yang membangun pada pembaca sekalian. Atas perhatian-nya, saya ucapkan terima kasih.


Rujukan :
1. Surakarta
2. Reocities

0 komentar:

Posting Komentar